Font size
  • A-
  • A
  • A+
Site color
  • R
  • A
  • A
  • A
Spada Indonesia
  • Log in

    Access to the platform

    Forgotten your username or password?

  • Log in
Skip to main content

Miscellaneous

  1. Home
  2. Courses
  3. Miscellaneous
  • 1 (current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • …
  • 184
  • » Next
nama Course Silahkan di edit
Alim Sumarno

nama Course Silahkan di edit

Workshop Pembelajaran Daring - Distribututed Hybrid Learning merupakan program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan untuk mendukung dosen dan perguruan tinggi agar lebih aktif memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran guna memperluas jangkauan sumber belajar yang bermutu.

Workshop Pembelajaran Daring diselenggarakan secara Luring dan tersebar dibeberapa tempat:

  1. Batch 1 tanggal 21 s.d. 23 September 2022 di Makassar, Surabaya, dan Palembang
  2. Batch 2 tanggal 3 s.d. 5 Oktober 2022 di Yogyakarta, dan Banjarmasin

Ketentuan mengikuti kegiatan workshop:

  1. peserta yang mendaftar belum pernah mengikuti workshop serupa yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemhasiswaan;
  2. perguruan tinggi peserta sudah mempunyai Learning Management System;
  3. membawa laptop dan headset;
  4. menyiapkan RPS dan bahan ajar;
  5. mendaftar di SPADA Indonesia, mengisi surat pernyataan kesanggupan mengikuti rangkaian acara sampai selesai, dan menyelesaikan tugas yang diberikan;
  6. membawa surat tugas dan SPPD dari perguruan tinggi.
  7. hadir secara langsung di tempat acara dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, dan menjaga jarak;

Kuota Workshop Pembelajaran Daring hanya tersedia untuk 30 peserta pendaftar pertama untuk masing-masing tempat pelaksanaan. Peserta yang telah mengikuti workshop akan mendapatkan sertifikat dengan kredit 40 JP.

Kami informasikan, bagi Bapak/Ibu deosn yang berminat, silahkan mendaftar workshop ini sesuai domisili wilayah tempat tinggal Anda.


BIOTEKNOLOGI LAUT
ANDI HAMDILLAH

BIOTEKNOLOGI LAUT

Mata kuliah Bioteknologi Laut membekali mahasiswa dengan prinsip dan aplikasi bioteknologi dalam konteks kelautan dan perikanan budidaya. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan teknik bioteknologi untuk meningkatkan produktivitas, keberlanjutan, dan nilai tambah dalam budidaya perairan. Capaian pembelajaran mencakup penguasaan konsep bioteknologi dasar (seperti kultur jaringan, rekayasa genetika, dan bioproses), kemampuan merancang aplikasi bioteknologi untuk perbaikan kualitas induk, pakan, kesehatan ikan, dan pengelolaan lingkungan budidaya, serta kemampuan mengevaluasi dampak etika dan bio-safety dari penerapannya. Ruang lingkup materi meliputi: Pengantar bioteknologi laut; Teknik kultur sel dan jaringan organisme akuatik; Bioteknologi reproduksi (kriptopreservasi, induksi pemijahan, produksi monosex); Bioteknologi nutrisi dan pakan (probiotik, prebiotik, enzim, pakan fungsional); Bioteknologi kesehatan ikan (vaksin, diagnostik molekuler, imunostimulan); Bioremediasi dan pengelolaan kualitas air; Serta aspek regulasi, keamanan hayati, dan bioetika. Relevansi mata kuliah ini dengan bidang S1 Budidaya Perairan sangat tinggi, karena memberikan alat inovatif untuk mengatasi tantangan industri seperti pertumbuhan organisme budidaya yang optimal, pencegahan penyakit, efisiensi pakan, dan pengelolaan limbah, sehingga mendukung terwujudnya budidaya perairan yang intensif, berkelanjutan, dan berdaya saing.

LITERATURE IN ELT
NUR QALBI

LITERATURE IN ELT

his course explores the integration of literature into English language teaching, focusing on theoretical foundations, practical approaches, and the development of students’ language and critical thinking skills through literary texts.

Bahasa Inggris
ABD. RAJAB

Bahasa Inggris

Mata kuliah Bahasa Inggris bertujuan membekali mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan kompetensi berbahasa Inggris dasar untuk keperluan akademik dan profesional dalam konteks pendidikan dasar. Capaian pembelajaran mencakup kemampuan memahami teks akademik sederhana, berkomunikasi lisan dan tertulis dasar terkait tema pendidikan, serta mengaplikasikan kosakata dan struktur bahasa Inggris dalam perencanaan dan simulasi aktivitas pembelajaran di sekolah dasar. Ruang lingkup materi meliputi English for Academic Purposes (EAP), English for Specific Purposes (ESP) dalam bidang pendidikan, keterampilan reseptif dan produktif, serta pengembangan materi ajar bahasa Inggris sederhana untuk siswa SD. Relevansi mata kuliah ini terletak pada peningkatan kapasitas calon guru dalam mengakses sumber ilmu pendidikan berbahasa internasional, merancang pembelajaran yang mengintegrasikan literasi global, serta membekali dasar untuk pengembangan diri profesional berkelanjutan di era globalisasi.

Asuhan Kebidanan Kehamilan
YURNIATI YURNIATI

Asuhan Kebidanan Kehamilan

Mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan membekali mahasiswa dengan kompetensi untuk memberikan asuhan kebidanan yang komprehensif, holistik, dan berpusat pada perempuan selama periode kehamilan normal dan risiko tinggi. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep, prinsip, dan keterampilan klinis dalam pengkajian, penapisan, pemantauan, pendidikan kesehatan, serta penatalaksanaan kehamilan sesuai standar profesi dan etika. Capaian pembelajaran mencakup kemampuan melakukan manajemen asuhan antenatal, deteksi dini komplikasi, penyuluhan kesehatan reproduksi, dan pendokumentasian asuhan secara akurat. Ruang lingkup materi meliputi fisiologi dan adaptasi kehamilan, skrining antenatal (ANC), pemantauan tumbuh kembang janin, penilaian risiko, konseling, gizi, psikososial, serta manajemen awal komplikasi kehamilan umum. Relevansinya dengan bidang D3 Bidan Pendidik sangat krusial, karena mata kuliah ini menjadi landasan kompetensi klinis utama yang harus dikuasai sekaligus diajarkan kembali oleh calon Bidan Pendidik, sehingga mengintegrasikan aspek praktik kebidanan langsung dengan metodologi pembelajaran dan supervisi untuk mempersiapkan tenaga pendidik bidan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan maternal.

PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL
AKRAM AKRAM

PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL

Mata kuliah Pembelajaran Berbasis Digital membekali mahasiswa dengan pengetahuan teoritis dan keterampilan praktis dalam merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi lingkungan belajar yang memanfaatkan teknologi digital secara efektif dan pedagogis. Tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan, memilih, dan memanfaatkan berbagai platform, alat, dan sumber daya digital (seperti LMS, media interaktif, aplikasi kolaboratif, dan teknologi emergen) untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Capaian pembelajaran mencakup kemampuan menganalisis landasan teori dan prinsip desain instruksional digital, mengembangkan prototipe produk/media pembelajaran digital, serta mengevaluasi dampak teknologi terhadap proses dan hasil belajar. Ruang lingkup materi meliputi kerangka teoritis (seperti TPACK dan Community of Inquiry), desain pengalaman belajar digital, pengembangan konten multimedia, strategi pembelajaran blended dan online, asesmen digital, isu etika dan kesenjangan digital, serta tren teknologi terkini. Mata kuliah ini sangat relevan dengan bidang Teknologi Pendidikan karena menjadi inti dari peran teknolog pendidikan dalam mentransformasi praktik pembelajaran di era digital, menjembatani teori pembelajaran dengan inovasi teknologi untuk menciptakan solusi belajar yang lebih accessible, engaging, dan efektif.

PERENCANAAN PEMBELAJARAN
NASRAH NASRAH

PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang pembelajaran yang sistematis, efektif, dan berpusat pada peserta didik di sekolah dasar. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu mengembangkan perangkat pembelajaran seperti Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter, pendekatan saintifik, serta prinsip diferensiasi sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Capaian Pembelajaran (CP) mencakup kemampuan menganalisis kebutuhan belajar, merumuskan tujuan pembelajaran, memilih dan mengorganisasi materi, merancang strategi, media, dan evaluasi pembelajaran yang autentik. Ruang lingkup materi meliputi konsep dasar perencanaan, analisis KI-KD, pengembangan indikator, model-model pembelajaran inovatif (seperti PJBL, PBL), serta teknik penilaian proses dan hasil belajar. Mata kuliah ini sangat relevan dengan bidang studi S1 PGSD karena menjadi fondasi kompetensi pedagogik guru dalam mendesain pengalaman belajar yang bermakna, mendukung tercapainya profil lulusan calon guru SD yang profesional, kreatif, dan responsif terhadap perkembangan peserta didik serta tuntutan kurikulum pendidikan dasar.

KONSEP DASAR IPA SD
A. MUAFIAH NUR

KONSEP DASAR IPA SD

Mata kuliah Konsep Dasar IPA SD membekali mahasiswa dengan pemahaman mendasar tentang prinsip-prinsip ilmiah dalam bidang Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Bumi serta Antariksa yang esensial untuk pembelajaran di Sekolah Dasar. Tujuannya adalah mengembangkan kompetensi akademik dan pedagogik calon guru dalam memahami hakikat IPA, merancang, serta melaksanakan pembelajaran IPA SD yang kontekstual, inkuiri, dan menyenangkan. Capaian pembelajaran mencakup kemampuan menganalisis konsep-konsep IPA terpadu, merancang eksperimen sederhana, dan mengaitkannya dengan fenomena sehari-hari serta kurikulum SD. Ruang lingkup materi meliputi hakikat sains, metode ilmiah, dan kajian terpadu materi, energi, makhluk hidup, bumi, dan alam semesta. Mata kuliah ini relevan sebagai landasan keilmuan dan profesional bagi guru SD dalam membentuk literasi sains peserta didik serta menumbuhkan sikap ilmiah sejak dini.

Pengantar Teologi Kontekstual
HENDERIKUS NAYUF

Pengantar Teologi Kontekstual

Dalam mata kuliah Teologi Kontekstual ini mahasiswa dapat memahami premis-premis dasar, persoalan, signifikasi dan locus dari kegiatan berteologi di dalam dan melalui konteks yang melingkupi kehidupan manusia beriman (baik tradisi kultural religius maupun dimensi-dimensi kehidupan sosial yang senyatanya pada masa sekarang) di Indonesia dan Asia. Model-model teologi kontekstual dan pendalaman mengenai topik-topik teologi kontekstual seperti: kemiskinan dan perjuangan sosial-liberatif, keragaman agama dan kultur religius dan profan, interaksi teks-teks suci, perjuangan perempuan, agama dan kekerasan, fungsionalisasi teologi, diskusi theodice dalam konteks bencana, akan diterangkan melalui hantaran materi dari dosen dan juga melalui penulisan paper kelompok dan diskusi kelompok oleh mahasiswa dengan menyandingkan pendapat dari 2 teolog untuk setiap topik. Pada akhir mata kuliah ini mahasiswa dapat merangkum konteks dan formulasi teologis serta mampu menerangkan secara deskriptif pokok bahasan teologi tertentu secara akurat.

KONSEP DASAR IPS SD
FITRI YANTY MUCHTAR

KONSEP DASAR IPS SD

Mata kuliah Konsep Dasar IPS SD merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman mendasar tentang hakikat, struktur, dan metodologi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terintegrasi di Sekolah Dasar. Capaian pembelajaran mencakup kemampuan menganalisis konsep-konsep dasar IPS (sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi), merancang pembelajaran IPS SD yang kontekstual dan berperspektif kewarganegaraan, serta mengembangkan media dan evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik SD. Ruang lingkup materi meliputi hakikat dan pendekatan IPS terpadu, analisis konsep inti dari berbagai disiplin ilmu sosial, isu-isu sosial-budaya aktual, pengembangan kurikulum, model, strategi, dan evaluasi pembelajaran IPS SD. Mata kuliah ini relevan secara langsung dengan profil lulusan Program Studi S1 PGSD sebagai calon guru profesional, karena membangun landasan keilmuan dan kompetensi pedagogis khusus untuk mengajarkan IPS secara efektif, kritis, dan kreatif, sekaligus menanamkan nilai-nilai moral, kebangsaan, dan kecakapan hidup kepada peserta didik sekolah dasar.

BIOLOGI LAUT
ASRUL MUSLIM

BIOLOGI LAUT

Mata kuliah Biologi Laut merupakan mata kuliah wajib yang membahas keanekaragaman hayati, ekologi, fisiologi, dan adaptasi organisme di berbagai zona ekosistem laut. Tujuan mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan pemahaman komprehensif tentang prinsip-prinsip biologi organisme laut, interaksinya dengan lingkungan abiotik, serta tantangan konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan sumber daya laut. Capaian pembelajaran mencakup kemampuan mahasiswa untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan organisme laut utama, menganalisis struktur dan fungsi ekosistem laut, serta menjelaskan proses fisiologis dan adaptasi evolusioner organisme terhadap kondisi lingkungan laut. Ruang lingkup materi meliputi oseanografi dasar sebagai pendukung kehidupan, biodiversitas dari mikroba hingga mamalia laut, ekologi komunitas (terumbu karang, padang lamun, mangrove, laut dalam), fisiologi adaptif (osmoregulasi, termoregulasi, tekanan hidrostatik), serta isu-isu kontemporer seperti perubahan iklim, pencemaran, dan bioteknologi kelautan. Relevansi mata kuliah ini sangat tinggi bagi Program Studi S1 Biologi karena memperluas cakupan keanekaragaman hayati di luar daratan, mengintegrasikan konsep biologi dengan ilmu lingkungan, serta membentuk landasan keilmuan untuk bidang minat ekologi, konservasi, bioteknologi, dan ilmu kelautan, sekaligus menjawab tantangan global dalam pengelolaan sumber daya pesisir dan laut.

Kewarganegaraan
AKBAR ABA

Kewarganegaraan

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman filosofis, konseptual, dan praktis tentang hakikat, hak, dan kewajiban warga negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Tujuannya adalah membentuk sikap dan karakter warga negara yang cerdas, kritis, dan bertanggung jawab. Capaian pembelajaran mencakup kemampuan menganalisis konsep kewarganegaraan, hak asasi manusia, demokrasi, serta peran warga negara dalam sistem ketatanegaraan dan pembangunan nasional. Ruang lingkup materi meliputi teori kewarganegaraan, identitas nasional, hak dan kewajiban warga negara, demokrasi Indonesia, bela negara, serta isu-isu kontemporer kewarganegaraan. Mata kuliah ini relevan sebagai landasan keilmuan inti bagi Program Studi S1 PPKn, yang secara langsung membentuk kompetensi profesional calon guru dan peneliti dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sekaligus menjadi model internalisasi nilai-nilai kewarganegaraan yang akan diajarkan kepada peserta didik.

Hermeneutik PL 1
JERDA TITAHENA DJAWA

Hermeneutik PL 1

Mata kuliah Hermeneutik Perjanjian Lama 1 merupakan mata kuliah wajib yang membekali mahasiswa dengan fondasi teoritis dan metodologis dalam menafsirkan teks-teks Perjanjian Lama secara kritis dan bertanggung jawab. Tujuan utamanya adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk memahami prinsip-prinsip hermeneutika filosofis dan teologis, menganalisis berbagai pendekatan penafsiran (historis-kritis, sastra, kanonik, dll.), serta menerapkannya dalam membaca teks PL dengan kesadaran akan konteks historis, budaya, dan teologisnya. Capaian pembelajaran mencakup penguasaan konsep-konsep kunci hermeneutik, kemampuan melakukan eksposisi teks yang argumentatif, dan penyusunan tafsir yang relevan dengan konteks keilahian dan kehidupan beriman. Ruang lingkup materi meliputi sejarah dan perkembangan hermeneutika, teori pemahaman dan interpretasi (seperti lingkaran hermeneutik), inspirasi dan kanonisasi, analisis genre sastra (narasi, hukum, puisi, hikmat), serta isu-isu kontekstualisasi. Mata kuliah ini sangat relevan bagi Program Studi S1 Filsafat Keilahian karena menjadi pilar intelektual untuk mengeksplorasi wahyu ilahi yang termanifestasi dalam teks, menjembatani penyelidikan filosofis tentang hakikat Tuhan dengan studi kritis atas Kitab Suci, serta membentuk kapasitas mahasiswa untuk berpikir sistematis, kritis, dan etis dalam mengkaji dasar-dasar teologis iman Kristen.

nama Course Silahkan di edit
ELITA MEGA SELVIA WIJAYA

nama Course Silahkan di edit

Workshop Pembelajaran Daring - Distribututed Hybrid Learning merupakan program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan untuk mendukung dosen dan perguruan tinggi agar lebih aktif memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran guna memperluas jangkauan sumber belajar yang bermutu.

Workshop Pembelajaran Daring diselenggarakan secara Luring dan tersebar dibeberapa tempat:

  1. Batch 1 tanggal 21 s.d. 23 September 2022 di Makassar, Surabaya, dan Palembang
  2. Batch 2 tanggal 3 s.d. 5 Oktober 2022 di Yogyakarta, dan Banjarmasin

Ketentuan mengikuti kegiatan workshop:

  1. peserta yang mendaftar belum pernah mengikuti workshop serupa yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemhasiswaan;
  2. perguruan tinggi peserta sudah mempunyai Learning Management System;
  3. membawa laptop dan headset;
  4. menyiapkan RPS dan bahan ajar;
  5. mendaftar di SPADA Indonesia, mengisi surat pernyataan kesanggupan mengikuti rangkaian acara sampai selesai, dan menyelesaikan tugas yang diberikan;
  6. membawa surat tugas dan SPPD dari perguruan tinggi.
  7. hadir secara langsung di tempat acara dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, dan menjaga jarak;

Kuota Workshop Pembelajaran Daring hanya tersedia untuk 30 peserta pendaftar pertama untuk masing-masing tempat pelaksanaan. Peserta yang telah mengikuti workshop akan mendapatkan sertifikat dengan kredit 40 JP.

Kami informasikan, bagi Bapak/Ibu deosn yang berminat, silahkan mendaftar workshop ini sesuai domisili wilayah tempat tinggal Anda.


Bahasa Dan Sastra Lokal
ANDI ALFINA LISTYA NINGRUM

Bahasa Dan Sastra Lokal

Vocabulary
NUR INA SYAM

Vocabulary

Mata kuliah Vocabulary merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan sistematis dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris. Tujuan mata kuliah ini adalah untuk mengembangkan kompetensi leksikal mahasiswa secara komprehensif, mencakup pemahaman tentang bentuk (form), makna (meaning), dan penggunaan (use) kosakata dalam berbagai konteks. Capaian Pembelajaran (CP) mata kuliah ini meliputi kemampuan menganalisis struktur kata (morfologi), memahami relasi makna (semantik), menerapkan strategi pembelajaran dan pengajaran kosakata, serta mengaplikasikan kosakata secara akurat dan tepat dalam konteks akademik dan pedagogis. Ruang lingkup materi mencakup kajian tentang word formation (derivasi, komposisi, konversi), sense relations (sinonim, antonim, hiponim, dll.), collocation, idiomatic expressions, register, serta teknik dan sumber pengajaran kosakata. Relevansi mata kuliah ini dengan bidang S1 Pendidikan Bahasa Inggris sangat tinggi, karena kompetensi leksikal yang mendalam merupakan fondasi bagi pengembangan seluruh keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis) dan menjadi prasyarat utama bagi calon guru untuk merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran kosakata yang efektif, kreatif, dan kontekstual di berbagai jenjang pendidikan.

EKUMENIKA KAJIAN TEMA
FENTI YUSANA

EKUMENIKA KAJIAN TEMA

Mata kuliah Ekumenika Kajian Tema merupakan mata kuliah akademik yang membahas isu-isu teologis, etis, dan praktis kontemporer yang menjadi perhatian bersama dalam gerakan ekumenis global. Tujuannya adalah untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis secara kritis tema-tema ekumenis utama, memahami kompleksitas historis dan teologis di balik perbedaan antar denominasi, serta mengembangkan perspektif yang konstruktif untuk dialog dan kerja sama antaragama dan antariman. Capaian pembelajaran mencakup penguasaan konsep-konsep ekumenis kunci, keterampilan melakukan penelitian tematik ekumenis, serta kemampuan merumuskan respons teologis yang relevan terhadap tantangan bersama umat beriman. Ruang lingkup materi meliputi studi tentang tema-tema seperti gereja dan kesatuan, misi dan evangelisasi dalam konteks pluralitas, keadilan, perdamaian, dan keutuhan ciptaan (JPIC), serta isu-isu aktual seperti migrasi, digitalisasi, dan keberagaman gender dari perspektif ekumenis. Relevansi mata kuliah ini dalam bidang S1 Teologi (Akademik) sangat signifikan, karena memperdalam pemahaman tentang hakikat gereja, memperluas wawasan teologi sistematika dan praktika dalam konteks global, serta melatih mahasiswa untuk berpikir secara oikumenis yang esensial bagi pelayanan dan akademisi teologi di dunia yang majemuk.

ASUHAN KEBIDANAN PASCA PERSALINAN & MENYUSUI
SULFIANTI SULFIANTI

ASUHAN KEBIDANAN PASCA PERSALINAN & MENYUSUI

Mata kuliah Asuhan Kebidanan Esensial pada Nifas dan Menyusui membekali mahasiswa dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dasar dalam memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif, aman, dan sesuai standar kepada ibu pada masa nifas serta dalam proses menyusui. Materi mencakup konsep fisiologi masa nifas, perubahan anatomi dan psikologis ibu, proses laktasi, prinsip manajemen laktasi, teknik menyusui yang benar, identifikasi masalah menyusui, serta perawatan ibu dan bayi pada masa setelah persalinan

SISTEM BASIS DATA
NASRULLAH NASRULLAH

SISTEM BASIS DATA

Mata kuliah Sistem Basis Data membekali mahasiswa dengan konsep fundamental, perancangan, implementasi, dan manajemen basis data dalam konteks pengembangan sistem informasi. Tujuan utamanya adalah agar mahasiswa mampu merancang basis data yang normalisasi, mengimplementasikannya menggunakan Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML) SQL, serta memahami fungsi sistem manajemen basis data (DBMS). Capaian pembelajaran mencakup kemampuan menganalisis kebutuhan data, merancang model konseptual (ERD) dan logikal (relasional), menguasai SQL untuk pembuatan, manipulasi, dan query data, serta memahami konsep transaksi, keamanan, dan integritas data. Ruang lingkup materi meliputi pengenalan DBMS, pemodelan data (ERD & normalisasi), bahasa SQL (DDL, DML, DQL, DCL), dan isu-isu manajemen basis data. Mata kuliah ini sangat relevan bagi Program Studi S1 Sistem Informasi karena basis data merupakan komponen inti dari setiap sistem informasi, aplikasi web, dan pendukung keputusan, sehingga penguasaannya menjadi prasyarat utama dalam analisis, perancangan, dan pengembangan solusi teknologi informasi yang efektif dan efisien.

nama Course Silahkan di edit
ANDI ROSMAN N

nama Course Silahkan di edit

Workshop Pembelajaran Daring - Distribututed Hybrid Learning merupakan program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan untuk mendukung dosen dan perguruan tinggi agar lebih aktif memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran guna memperluas jangkauan sumber belajar yang bermutu.

Workshop Pembelajaran Daring diselenggarakan secara Luring dan tersebar dibeberapa tempat:

  1. Batch 1 tanggal 21 s.d. 23 September 2022 di Makassar, Surabaya, dan Palembang
  2. Batch 2 tanggal 3 s.d. 5 Oktober 2022 di Yogyakarta, dan Banjarmasin

Ketentuan mengikuti kegiatan workshop:

  1. peserta yang mendaftar belum pernah mengikuti workshop serupa yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemhasiswaan;
  2. perguruan tinggi peserta sudah mempunyai Learning Management System;
  3. membawa laptop dan headset;
  4. menyiapkan RPS dan bahan ajar;
  5. mendaftar di SPADA Indonesia, mengisi surat pernyataan kesanggupan mengikuti rangkaian acara sampai selesai, dan menyelesaikan tugas yang diberikan;
  6. membawa surat tugas dan SPPD dari perguruan tinggi.
  7. hadir secara langsung di tempat acara dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, dan menjaga jarak;

Kuota Workshop Pembelajaran Daring hanya tersedia untuk 30 peserta pendaftar pertama untuk masing-masing tempat pelaksanaan. Peserta yang telah mengikuti workshop akan mendapatkan sertifikat dengan kredit 40 JP.

Kami informasikan, bagi Bapak/Ibu deosn yang berminat, silahkan mendaftar workshop ini sesuai domisili wilayah tempat tinggal Anda.


  • 1 (current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • …
  • 184
  • » Next

Stay in touch

Conecti.me

  • http://conecti.me
  • Mobile : +55 (98) 00123-45678
  • willianmano@conecti.me
Data retention summary

Proudly made with

Moodle logo

Made with by conecti.me