Font size
  • A-
  • A
  • A+
Site color
  • R
  • A
  • A
  • A
Spada Indonesia
  • Log in

    Access to the platform

    Forgotten your username or password?

  • Log in
Skip to main content

Biologi (dan Bioteknologi Umum)

  1. Home
  2. Courses
  3. MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA)
  4. ILMU IPA
  5. Biologi (dan Bioteknologi Umum)
GENETIKA I
AGUS BASUKI

GENETIKA I

Mata kuliah ini berisi kajian tentang perkembangan genetika, materi genetik pada seluruh kelompok makhluk hidup, reproduksi materi genetik pada seluruh kelompok makhluk hidup, kesetaraan hukum Mendel pada reproduksi sel meiosis, pola pewarisan sifat di dalam inti sel, pola pewarisan Mendel, modifikasi Mendel,  dan kerja materi genetik.

EVALUASI HASIL & PROSES BELAJAR
NOVIE WAHYU DHANAYANI

EVALUASI HASIL & PROSES BELAJAR

Mata Kuliah Evaluasi hasil dan Proses Belajar adalah salah satu Mata Kuliah Wajib dengan jumlah 3 SKS di Program Studi Pendidikan Biologi dengan Kode Mata kuliah KPBIO 46338. 

Mata Kuliah Evaluasi Hasil dan Proses Belajar adalah salah satu matakuliah yang mengasah kompetensi pedagogik terkait dengan kemampuan seorang guru melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Melalui evaluasi hasil dan proses belajar dapat diketahui berhasil tidaknya suatu kegiatan pembelajaran, informasi ini sangat penting bagi guru agar dapat membuat keputusan dan perencanaan  selanjutnya sebagai tindak lanjut evaluasi tersebut (apakah melakukan pengayaan,  remedial, atau  melanjutkan kegiatan pada topik berikutnya). 

Dalam mata kuliah ini, akan dibahas materi pengantar evaluasi pembelajaran dan penilaian, dan instrumen  evaluasi pembelajaran khususnya instrumen kognitif (tes), afektif dan psikomotor. Selain itu, juga dilakukan analisis tentang item-butir soal mencakup Daya pembeda, Tingkat kesukaran, validitas, dan realiabilitas. 

Bioteknologi Kedokteran
M. FIQRI ANANDA

Bioteknologi Kedokteran

Bioteknologi-Semester Genap 2020-2021 Reguler Kebon Jeruk

Biologi Molekuler
EMA AULIA ERWANTI

Biologi Molekuler

Mempelajari perkembangan biologi molekuler, hubungan struktur dan peran molekul DNA inti secara holistik dimulai dari fungsi DNA selaku inisiator hingga regulator semua mekanisme fungsi metabolisme secara komprehensif dengan setiap fenomena fenotipik yang dapat dilihat dan dirasakan. Mengaji ekspresi gen terkait transkripsi, translasi, dan pengontrolan ekspresi di tingkat molekuler pada prokariot dan eukariot; mekanisme replikasi DNA; mekanisme regulasi gen; DNA ekstrakromosomal; proteomik dan genomik; dan aplikasi biologi molekuler di berbagai bidang kehidupan melalui kajian teori dan penugasan.

Spermatologi
Dr. Alfiah Hayati Spada Dosen

Spermatologi

BIOLOGI DASAR II
PUTRI JULI AMELIA

BIOLOGI DASAR II

Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep sel dan teori sel, struktur

dan fungsi sel, fisiologi sel, siklus sel, potensi sel; DNA sampai ekspresi

dan regulasi gen,  genetika seks dan genetika sel, mikroorganisme

(bakteri, mikrofungi, dan virus) beserta

kebutuhan nutrisi dan pertumbuhannya.

FISIOLOGI TUMBUHAN
NOVRI YOULA KANDOWANGKO

FISIOLOGI TUMBUHAN

Mata kuliah Fisiologi Tumbuhan ini membahas: Hubungan Sel Tumbuhan dengan air, Hubungan Akar, Tanah dan mekanisme penyerapan pada tumbuhan, Nutrisi Tumbuhan dan Mekanisme penyerapan hara anorganik, Proses Konservasi Energy dalam Fotosintesis, Respirasi pada Tumbuhan, Proses asimilasi Nitrogen, Proses Pembentukan Metabolit Sekunder, Keterkaitan Asimilasi Carbon Dan Nitrogen Dengan Produktivitas Tanaman, Hormone Tumbuhan, Respons Tumbuhan Terhadap Stress Lingkungan, Gerak Tropisme dan Nastic Pada Tumbuhan, Proses Fisiologi pada Pembungaan dan Pembentukan Buah.

EKOLOGI
ABUBAKAR SIDIK KATILI

EKOLOGI

Melalui mata kuliah ekologi mahasiswa diharapkan dapat menentukan, mengestimasi serta menghitung populasi, aliran energi, siklus materi dalam ekosistem baik di lapangan maupun di laboratorium dengan menggunakan pemodelan dan pendekatan tertentu. Dengan demikian mata kuliah Ekologi memberi manfaat bagi mahasiswa dalam memahami interaksi organisme dengan lingkungan biotik maupun abiotik. Interaksi antara organisme dengan lingkungannya ini menggambarkan tatanan organisme dengan faktor-faktor lingkungannya. Selain itu, mahasiswa dapat merancang dan membelajarkan konsep-konsep ekologi di sekolah,  serta mengaplikasikan konsep-konsep ekologi dalam kehidupan sehari-hari.

Biologi Konservasi
Filka Maftikha

Biologi Konservasi

SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH BIOLOGI KONSERVASI

Mata kuliah Biologi Konservasi merupakan mata kuliah wajib 2 SKS teori yang diambil pada semester 6 di Universitas Ahmad Dahlan. Mata kuliah ini mempelajari konsep tingkat keanekaragaman hayati, strategi konservasi, keterlibatan multi-stakeholder, dan teknologi pendukung dalam kegiatan monitoring kawasan konservasi dan promosi ekowisata. Mata kuliah ini akan disampaikan pada semester genap dalam 16 pertemuan termasuk ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Persyaratan untuk mengikuti perkuliahan ini adalah mahasiswa sudah menyelesaikan mata kuliah dasar ekologi. Mata kuliah ini dilakukan dengan metode flipped class room menggunakan LMS Spada Indonesia dan E-learning UAD mengkombinasikan tatap muka sinkron langsung di kelas dan asinkron secara daring.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. mendeskripsikan konsep keanekaragaman hayati, ancaman terhadap ekosistem dan status tumbuhan dan satwa liar di dalamnya
  2. membedakan strategi konservasi in-situ dan eks-situ
  3. menjelaskan keterlibatan multistakeholders dalam kegiatan konservasi
  4. menerangkan peran teknologi dalam upaya monitoring dan promosi ekowisata

 

MATERI YANG DIBERIKAN MELIPUTI

Pertemuan ke

Materi per Minggu

Capaian Pembelajaran Mingguan (Kompetensi)

Topik Pembelajaran A: Keanekaragaman hayati, ancaman terhadap ekosistem dan status tumbuhan dan satwa liar di dalamnya

1

Pengantar biologi konservasi dan keanekaragaman hayati Indonesia

Mampu menjelaskan tingkat keanekaragaman hayati dan contoh keanekaragaman hayati di Indonesia

2

Ancaman terhadap ekosistem dan populasi

Mampu menerangkan penyebab kerusakan dan akibatnya pada ekosistem dan populasi kecil

3

Status konservasi flora fauna

Mampu menyimpulkan status konservasi dari setiap spesies berdasarkan IUCN, CITES dan Permen LHK no.108 tahun 2018

Topik Pembelajaran B: Strategi konservasi in-situ dan eks-situ

4

Strategi In-situ

Mampu mempresentasikan definisi strategi insitu dan contoh penerapannya

5

Kawasan konservasi

Mampu menjelaskan perbedaan kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam

6

Strategi Rencana Aksi Konservasi (SRAK)

Mampu menerangkan definisi, contoh SRAK dan proses pembentukan SRAK

7

Strategi Ek-situ

Mampu membandingkan antara strategi ek-situ dengan in-situ

8

Ujian Tengah Semester

Topik Pembelajaran C: Keterlibatan multistakeholders dalam kegiatan konservasi

9

Multi stakeholders dan perannya

Mampu menguraikan peran masing-masing stakeholder dalam kegiatan konservasi

10

Keterlibatan para pihak di Kawasan Konservasi

Mampu menggambarkan peran masing-masing stakeholder dalam kasus pembuatan SRAK dan kegiatan konservasi penyu di pantai selatan Yogyakarta

11

Pemberdayaan masyarakat

Mampu menggambarkan peran masyarakat dalam kegiatan konservasi

Topik Pembelajaran D: Peran teknologi dalam upaya monitoring dan promosi ekowisata

12

Komponen Ekologi bentang alam

Mampu menjabarkan komponen bentang alam dan aplikasinya di kawasan konservasi

13

Desain kawasan konservasi

Mampu menganalisis bentuk patch kawasan konservasi dan ancamannya

14

Teknologi monitoring kawasan konservasi

Mampu menerangkan berbagai teknologi pendukung seperti drone, penginderaan jauh, camera trap dalam memonitoring kawasan konservasi

15

Promosi ekowisata

Mampu menjelaskan berbagai bentuk promosi wisata alam yang berkelanjutan

16

Ujian Akhir Semester

*studi kasus akan diinputkan dalam setiap pertemuan

 

 

METODE PERKULIAHAN

Selama mengikuti perkuliahan ini, dosen akan menggunakan metode flipped classroom dimana perkuliahan akan berlangsung secara student-centered learning. Dosen akan memberikan materi seminggu sebelumnya dan mahasiswa akan diarahkan untuk mengerjakan beberapa soal pengayaan sebagai bahan persiapan diskusi pada minggu depan. Mahasiswa diwajibkan aktif selama mengikuti jalannya diskusi dan akan mendapatkan nilai keaktifan bagi mahasiswa yang berpartisipasi selama perkuliahan. 


 Metode flippedclassroom


SISTEM PENILAIAN

Bobot penilaian ditentukan oleh beberapa komponen penilaian. Sesuai peraturan akademik Universitas Ahmad Dahlan, apabila mahasiswa tidak masuk kuliah selama kurang dari 11 kali (baik dalam tatap muka sinkron maupun asinkron), maka tidak berhak mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

Aspek Penilaian

Persentase

Ujian Akhir Semester

35%

Ujian Tengah Semester

35%

Tugas

8%

Kuis

8%

Keaktifan dan sikap

14%

Total

100%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KRITERIA EVALUASI

Evaluasi berdasar pada penilaian acuan patokan (PAP).

KONVERSI NILAI

Predikat Nilai Huruf

Penilaian Acuan Patokan (PAP)

Skala 100

Skala 4

80,00 – 100,00

3,68 – 4,00

A

76,25 – 79,99

3,34 – 3,67

A-

68,75 – 76,24

3,01 – 3,33

B+

65,00 – 68,74

2,68 – 3,00

B

62,50 – 64,99

2,34 – 2,67

B-

57,50 – 62,49

2,01 – 2,33

C+

55,00 – 57,49

1,68 – 2,00

C

51,25 – 54,99

1,34 – 1,67

C-

43,75 – 51,24

1,01 – 1,33

D+

40,00 – 43,74

0,00 – 1,00

D

00,00 – 39,99

0

E

 

JENIS TATAP MUKA 

Kegiatan perkuliahan Biologi Konservasi dilakukan secara blended learning. Jenis tatap muka pada kegiatan perkuliahan adalah :

  1. Tatap muka sinkron daring (face to face ), yaitu tatap muka kelas, dosen dan mahasiswa bertemu dalam aplikasi zoom sesuai jadwal kuliah. Presensi kuliah sesuai dengan kehadiran di kelas. UTS dan UAS dilakukan secara sinkron, face to face
  2. Tatap muka asinkron, yaitu tatap muka yang dilakukan secara daring dengan menggunakan LMS E-learning UAD. Dosen dan mahasiswa tidak bertemu dalam ruang kelas. Mahasiswa belajar secara mandiri berdasarkan video dan Latihan soal yang telah disiapkan, dan dapat dilakukan di mana saja. Presensi kehadiran dilakukan berdasar aktivitas mahasiswa di E-learning UAD (membaca handout, melihat media presentasi atau video, mengerjakan quiz, atau partisipasi diskusi).

PETUNJUK MEMPELAJARI MEDIA PEMBELAJARAN

Media pembelajaran yang disediakan pada setiap perkuliahan meliputi:

  1. handout 
  2. video pembelajaran
  3. Latihan soal
  4. Kuis (diakhir topik pembelajaran)

Pertama-tama, Anda harus download media pembelajaran no 1, 2 dan 3 pada H-7 sebelum perkuliahan hari-H. Anda sebaiknya membaca handout, menonton video pembelajaran dan mengerjakan Latihan soal dengan tuntas dan benar. Pada Hari-H, perkuliahan akan membahas latihan soal dan diskusi dengan berpusat pada mahasiswa (Student centered learning).

Kegiatan tatap muka juga kadang dilengkapi dengan aktivitas tugas dan kuis khususnya diakhir topik pembelajaran). Tugas dapat merupakan tugas individu atau tugas kelompok, sedangkan kuis adalah tugas individu. 

BAHAN AJAR

Handout yang digunakan dalam kuliah Biologi Konservasi akan diunggah seminggu sebelumnya dan menjadi bahan persiapan kuliah di hari H. Silahkan mencetak bahan ajar jika diperlukan.

KOMUNIKASI DOSEN - MAHASISWA DAN ANTAR MAHASISWA

Forum disediakan di bagian terbawah dari setiap tatap muka. Anda dapat menggunakan forum untuk:

·         Menjawab pertanyaan atau diskusi

·         Menanyakan materi kuliah yang belum dipahami. Pertanyaan ditujukan kepada semua mahasiswa.

·         Menjawab pertanyaan mahasiswa lain tentang materi kuliah.

Keaktifan Anda dalam berdiskusi di dalam forum adalah merupakan salah satu komponen penilaian.

REFERENSI

Bahan bacaan berikut digunakan oleh dosen pengampu dalam membuat media pembelajaran. Silahkan untuk menggunakan referensi tambahan sebagai berikut :

1.  Indrawan, M., Primack, R.B., Supriatna, J., 2007. Biologi Konservasi (Edisi Revisi). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

2.  Murdiyarso, D. 2003. Protokol Kyoto Implikasinya bagi Negara Berkembang. Penerbit Buku Kompas: Jakarta

3.  Khakhim, N., Jatmiko, R.H., Nurjani, E., Daryono, B.S. 2014. Perubahan Iklim dan Pemanfaatan SIG di Kawasan Pesisir. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta

4.  Jurnal-jurnal dalam bidang biologi konservasi

 

Anjuran    

5.  Fandeli C., 2014. Bisnis Konservasi, Pendekatan Baru dalam Pengelolaan Sunberdaya Alam dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

6.  Fandeli C., Muhammad., 2008. Prinsip-prinsip Dasar Mengkonservasi Lanskap. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fawzi, N.I., 2016. Penginderaan Jauh Untuk Lingkungan dan Konservasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

ILMU ALAMIAH DASAR
RENY PEBRIYANI

ILMU ALAMIAH DASAR

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjadi ilmuwan dan professional yang berfikir kritis, kreatif, sistematik dan ilmiah. Berwawasan luas: etis,  estetis serta memiliki kepedulian terhadap pelestarian sumberdaya   alam dan lingkungan hidup, serta mempunyai wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi serta dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

Pengantar Bioteknologi
MUHAMAD FAUZI

Pengantar Bioteknologi

Mata Kuliah Pengantar Bioteknologi diampu oleh 2 dosen yaitu Diah Asta Putri, M.Si. dan Oktira Roka Aji, M.Si. Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi Biologi UAD. Ruang lingkup perkuliahan meliputi sejarah perkembangan bioteknologi dari masa ke masa serta aplikasinya di berbagai bidang kehidupan serta etika dan aturan yang berkaitan dengan produk hasil rekayasa bioteknologi. Mata Kuliah ini akan dilaksanakan dalam 14 pertemuan ditambah dengan UTS dan UAS.

EKOLOGI UMUM
HASAN ZAYADI

EKOLOGI UMUM

Pengertian ekologi, sejarah perkembangan ilmu ekologi, adaptasi dan evolusi; pengertian populasi, pertumbuhan populasi, bentuk interaksi dalam populasi, parameter populasi; pengertian komunitas, macam-macam komunitas, bentuk interaksi dalam komunitas, parameter komunitas; pengertian ekosistem, siklus energy, produktifitas primer, ekosistem daratan dan perairan.

Stay in touch

Conecti.me

  • http://conecti.me
  • Mobile : +55 (98) 00123-45678
  • willianmano@conecti.me
Data retention summary

Proudly made with

Moodle logo

Made with by conecti.me